- Fajar Romadhoni 52411646
- Glugut Hari Pamungkas 53411095
- Nanda Priyatna 55411096
Pada proses perkuliahan mencari ruang kelas yang sedang tidak digunakan terkadang menjadi kendala tersendiri bagi mahasiswa dan pengajarnya, kendala tersebut terkadang membuat mahasiswa dan mahasiswa dari perkuliahan lain saling berkompetisi mendapatkan ruang kelas yang tidak gunakan atau sedang digunakan tetapi tidak digunakan untuk proses pemebelajaran atau perkuliahan.
Aplikasi Ini adalah aplikasi tentang pengaturan penggunaan ruangan pada sebuah ruangan yang dapat diatur dari sebuah komputer utama, aplikasi ini membatu sebuah kelompok pada sebuah bangunan yang kesulitan dalam mencari ruang yang kosong atau tersedia pada bangunan tersebut.
Pada aplikasi ini pertama-tama user memilih lantai yang diinginkan, selanjutnya user menentukan perintah berikutnya, jika memilih unlock maka user harus memilih ruangan yang akan dibuka, dan jika memilih lock maka user harus memilih ruangan yang akan di tutup, dan jika user memilih unlok all atau lock all maka semua ruangan akan terbuka atau terkunci.
Pada tampilan aplikasi terdapat 6 tombol utama sebagai perintah aplikasi dan tombol pendukung tergantung ruang yang ada. Pada tombol utama terdapat tombol lantai sebelumnya, lock, unlock, lock all, unlock all, dan lantai selanjutnya.
Tombol lantai sebelumnya berfungsi untuk mengubah tampilan denah ruangan pada lantai sebuah bangunan.
Tombol lock berfungsi untuk mengunci salah satu ruangan.
Tombol unlock berfungsi untuk membuka salah satu ruangan.
Tombol lock all berfungsi untuk mengunci semua ruangan pada sebuah lantai.
Tombol unlock all berfungsi untuk membuka semua ruangan pada sebuah lantai.
Cara Kerja
Setiap ruangan pada di tiap lantai sebuah bangunan terhubung pada Sebuah server yang mengatur akses pada ruangan di setiap lantai pada bangunan tersebut, pada setiap ruangan memiliki alat yang dipasangkan di semua pintunya sehingga server dapat memantau mana ruang yang sedang digunakan dan mana ruang yang sedang tidak digunakan lalu dikirimkan ke komputer utama.
Pada alat disetiap pintu dapat dikembangkan dengan menghubungkannya dengan jaringan listrik yang ada di ruangan tersebut contohnya jika pada sebuah ruangan dalam kondisi terkunci maka tidak ada aliran listrik yang dapat masuk, maka alat elektronik misalnya AC, Proyektor dan bahkan lampu tidak bisa digunakan, dan sebaliknya jika ruangan dalam kondisi tidak terkunci maka aliran listrik dapat masuk dan semua peralatan elektronik bisa digunakan.
Posisi saat pintu terkunci akan memisahkan pemicu aliran listrik dan juga memberikan signal pada server jika ruangan tersebut tidak digunakan
Posisi saat pintu terbuka akan menghubungkan pemicu aliran listrik dan juga memberikan signal pada server jika ruangan tersebut sedang digunakan
Peralatan yang Dibutuhkan
1. Sebuah komputer utama yang mendukung terhubungnya sebuah server utama dan juga aplikasi utama
2. Server yang terhubung pada alat yang ada di tiap pintu
3. Kabel yang terhubung dari tiap bagian dalam pintu yang dapat dihubungkan ke server dan komputer utama
4. Kunci yang didalamnya terdapat alat yang dapat menjadi signal ke server untuk dikirim ke komputer utama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar